Resensi Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja

Penulis buku                  : Rosleny Marliani, M.Si

Judul buku                      : Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja

Penerbit                           : CV Pustaka Setia

Tahun Terbit                    : 2016

Kota Penerbit                  : Bandung

No. ISBN                          : 978-979-076-598-6

Jumlah Halaman           : 292 halaman

Isi Resensi Buku            :

Dalam kehidupan anak terdapat dua proses yang beroperasi secara kontinu, yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Kedua proses tersebut berlangsung secara interdependen atau saling bergantung satu sama lain. Pertumbuhan berkaitan dengan perubahan kuantitatif, yaitu peningkatan ukuran dan struktur tubuh. Sebaliknya, perkembangan berkaitan dengan perubahan kualitatif dan kuantitatif, yaitu deretan progresif dari perubahan yang teratur dan koheren (saling berkaitan).

Hal ini menunjukkan adanya hubungan nyata antara perubahan yang terjadi dan perubahan yang telah didahului atau yang akan mengikutinya. Tahapan perkembangan anak yang dikemukakan para ahli berbeda-beda, tetapi tidak saling bertetangan karena setiap tahapa tersebut bertitik tolak pada perbedaan budaya dari tiap-tiap teori. Umumnya, tahapan perkembangan anak dibagi 4, yiatu masa bayi neonatal (0-2 minggu), masa bayi (2 minggu- 2 tahun), awal masa kanak-kanak (2-6 tahun) dan akhir masa kanak-kanak (6-13 tahun).

Adapun secara psikologis, masa remaja adalah usia individu berintegrasi dengan masyarakat, dewasa, usia ketika anak tidak lagi merasa dibawa tingkat orang-orang yang lebih tua, tetapi berada dalam tingkatan yang sama, sekurang-kurangnya dalam masalah hak. Semua tugas perkembangan remaja dipusatkan pada penanggulangan sikap pola perilaku yang kekanak-kanakan dan mengadakan persiapan untu menghadapi masa dewasa. Pematangan emosi, secara tradisional remaja dianggap periode “Badai dan Tekanan”, yaitu masa yang menunjukkan tingginya ketegangan emosi sebagai akibat dar perubahan fisik da kelenjar.

Hal ini dikarenakan remaja berada dibawah tekanan sosial dan menghadapi kondisi baru, yang tidak ia persiapkan sejak masa anak-anak. Ketidakstabilan emosi juga disebabkan dampak dari usaha penyesuaian diri pada pola perilku baru dan harapan sosia baru, misalnya masalah percintaan.

Keunggulan dari buku Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja ini sangat menarik karena pokok bahasan pada buku ini cukup banyak dan bervariasi sehingga cukup jadi acuan dan referensi untuk belajar. Namun di dalam buku kurang adanya gambar untuk mendukung isi dari materi dalam buku ini.

Ditulis oleh: Apriani Nurryana, Dina Pratiwi,Nuryuli Purwasih, Rezki Pebriani  (Mahasiswa PIAUD)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

1 + seventeen =