Sirkulasi merupakan salah satu layanan Perpustakaan yang memungkinkan pengguna melakukan peminjaman buku-buku teks untuk dibawa pulang. Layanan ini menempati Gedung Perpustakaan lantai 2. Peminjaman dapat dilakukan oleh civitas academica IAIN Metro yang memiliki kartu anggota perpustakaan.

Layanan sirkulasi diatur dengan ketentuan sebagai berikut:

Peminjaman
Layanan peminjaman bertugas mencatat semua hal yang terkait dengan peminjaman, mencakup data peminjam, koleksi yang dipinjam, dan waktu peminjaman. Prosedur peminjaman:

  1. Mencari data bibliografi melalui jaringan katalog komputer (OPAC = On-line Public Access Catalogue) di Perpustakaan IAIN Metro, atau di situs http://digilib.metrouniv.ac.id/opac
  2. Setelah data ditemukan, cari bahan pustaka tersebut pada ruang koleksi peminjaman (Lantai 2)
  3. Menyerahkan bahan pustaka & selipkan KTA perpustakaan yg masih berlaku kepada petugas.
  4. Setelah selesai diproses oleh petugas, pustaka yang dipinjam dan KTA diserahkan kepada peminjam
  5. Untuk mahasiswa, maksimal 2 eksemplar buku teks Perpustakaan IAIN Metro. Peminjaman berlaku selama 7 hari dan dapat diperpanjang satu kali untuk 7 hari ke depan.
  6. Untuk dosen, maksimal 5 eksemplar buku, berlaku selama 3 bulan.

Pengembalian
Layanan pengembalian meliputi kegiatan mencatat semua hal yang terkait dengan pengembalian, mencakup data pengembalian, koleksi yang dikembalikan, waktu pengembalian, termasuk memberikan sanksi denda apabila ada keterlambatan. Prosedur pengembalian:

  1. Peminjam menyerahkan bahan pustaka yang dipinjam dengan disertai Kartu Tanda Anggota Perpustakaan
  2. Petugas akan melakukan proses pengembalian dan akan menyerahkan kembali Kartu Tanda Anggota Perpustakaan apabila proses telah selesai.
  3. Denda keterlambatan adalah Rp.500,- / eksemplar / hari, kecuali hari libur.