Penulis buku :Suyadi M.Pd.I dan Maulidya Ulfah M.Pd.I
Judul buku :Konsep Dasar PAUD
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya
Tahun Terbit : 2013-2015
Kota Penerbit : Bandung
ISBN : 978-979-692-153-9
Jumlah Halaman : 193 Halaman
Isi Resensi buku :
Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
- PENGERTIAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
- TUJUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
- Kesiapan anak memasuki pendidikan lebih lanjut,
- Mengurangi angka mengulang dikelas,
- Mengurangi angka putus sekolah (DO),
- Mempercepat pencapaian Wajib belajar pendidikan Dasar 9 tahun.
- Menyelmatkan anak dari kelalalaian didikan wanita karir dan ibu bagi pendidikan rendah,
- Meninkatkan mutu pendidikan ,
- Mengurangi angka buta huruf muda,
- Memperbaiki derajat kesehatan dan gizi anak usia dini.
- Meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).
- PAUD bertujuan untuk membangun fondasi awal dalam meningkatkan kemampuan anak untuk menyelesaikan dan angka putus sekolah.
- PAUD bertujuan menanam investasi SDM yang menguntungkan baik bagi keluarga, bangsa, negara, maupun agama.
- PAUD bertujuan untuk menghentikan roda kemiskinan .
- Paud bertujuan turut serta aktif menjaga dan melindungi hak asasi setiap anak untuk memperoleh pendidikan yang dijamin oleh Undang-Undang.
- RUANG LINGKUP LEMBAGA-LEMBAGA PAUD
- Pusat Penitipan Anak
- Keluarga Penitipan Anak ( Family Child Care)
- Tempat penitipan anak (TPA) tidak selalu identik dengan penitipan anak usia 2 bulan sampai 2 tahun. Di negara barat , TPA, semacam ini menerima anak daam usia bervariasi. Memang , tempatnya tidak didesain sebagai lembaga pendidikan, tetapi sebatas menawarkan jasa penerimaan penitipan anak.
- Prinsi-prinsip dari Pendidikan AnakUusia Dini
- Prinsi-prinsip Teoritis
- Prinsip-prinsip Praktis
- Karakteristik dari Perkembangan Anak Usia Dini
- Perkembangan awal
- Faktor lingkungan sosial yang menyenangkan anak.
- Faktor Emosi
- Metode Mendidik Anak.
- Beban tanggung jawab yang berlebihan.
- Faktor keluarga di masa nak-anak.
- Faktor rangsangan lingkungan
- Faktor penghambat perkembangan anak usia dini.
- Peran Orang tua terhadap Perkembangan Anak di Lembaga Paud
- Rumah sebagai Madrasah Pertama bagi Anak
- Kualifikasi Profesional Gru Paud
- Pengelompokan anak dalam berbagai umur yang memerhatikan perkembangan anak yang beragam atau bervariasi.
- Materi kurikulum tidak berkaitan jenjang kelas.
- Belajar mengajar yang interaktif, dimana guru melayani anak-anak dan berfungsi sebagai perantara antara anak dan materi atau alat belajar maupun bermain.
