Review Buku Arah Kiblat 5 Benua : Kajian Integratif Fikih dan Sains

Penulis Buku : Drs. H. A Jamil, M.Sy
Judul Buku : Arah Kiblat 5 Benua : Kajian Integratif Fikih dan Sains
Penerbit Buku : Idea Press Yogyakarta
Tahun Terbit : 2021
Kota Terbit : Yogyakarta
No. ISBN : 978-623-6074-22-0
Jumlah Halaman : viii + 256 halaman
Review Buku:
Kiblat merupakan titik pusat kaum muslimin di seluruh penjuru dunia saat melaksanakan ibadah terutama ibadah shalat. Mengingat bahwa ka’bah sebagai titik pusat arah yang dituju dari berbagai belahan bumi berada di tengah-tengah, maka posisi bumi dari berbagai tempat terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian Utara dan bagian Selatan ka’bah, dan bagian Timur dan Barat ka’bah.

Dalam buku ini dijelaskan rumus yang digunakan dalam menghitung arah kiblat tersebut dan langkah-langkah yang digunakan dalam perhitungan arah kiblat dari lima benua yang ada. Perhitungan arah kiblat adalah perhitungan untuk mengetahui dan menetapkan ke arah mana ka’bah di Mekah dilihat dari suatu tempat permukaan bumi ini, sehingga seluruh gerakan sesorang yang sedang melaksanakan ibadah shalat selalu menuju arah ka’bah di Mekah. Sebagaimana telah umat muslim ketahui bahwa salah satu syarat sahnya shalat adalah menghadap kiblat.
Menurut Abdurrahman al Jaziri mazhab Syafii telah menambah dan menetapkan tiga kaidah yang bisa digunakan untuk memenuhi syarat menghadap ke arah kiblat, yaitu:

Kiblat Yakin
Seseorang yang berada di dalam Masjidil Haram dan melihat langsung ka’bah, wajib menghadapkan dirinya ke ka’bah dengan penuh keyakinan. Atau orang yang berada di Mekah wajib menghadap ke bangunan ka’bah dengan yakin.

Kiblat Dzan
Seseorang yang berada di luar Masjidil Haram atau di sekitar tanah suci Mekah sehingga tidak dapat melihat bangunan ka’bah, mereka wajib menghadap ke arah Ainul Ka’bah secara dzan (dugaan kuat), bukan sekedar menghadap ke arahnya saja

Kiblat Ijtihad
Arah kiblat ijtihad. Ijtihad wajib dilakukan untuk menentukan arah kiblat dari suatu tempat yang letaknya jauh dari Masjidil Haram. Bagi lokasi atau tempat yang jauh seperti Indonesia, pada saat ini, ijtihad arah kiblat dapat dilakukan dengan menggunakan perhitungan ilmu falak atau astronomi serta dibantu pengukurannya menggunakan tongkat istiwa’ atau menggunakan peralatan modern seperti GPS dan Theodolit. Sehingga akan menjadikan arah kiblat semakin tepat dan akurat.
Buku ini menguraikan dengan jelas tentang arah kiblat di berbagai belahan bumi dengan mengidentifikasi negara atau kota mana saja yang arah kiblatnya Utara arah Timur, Utara arah Barat, Selatan arah Timur dan Selatan arah Barat termasuk ciri atau indikasinya, sehinggan dengan ciri-ciri tersebut dapat diketahui ke mana arah kiblat suatu negara. Selanjutanya berdasarkan ciri-ciri yang ada dilakukan perhitungan arah kiblat suatu negara secara manual pembuktian keakuratan dilengkapi dengan visual foto atau gambar peta dari aplikasi yang memuat titik koordinat, baik lintang maupun bujur dan azzimut kiblat dari suatu negara atau kota, sehingga benar-benar meyakinkan keakuratan dari teori, perhitungan manual dan dari aplikasi dalam upaya pengembangan kajian Ilmu Falak khususnya arah kiblat.

Salam Literasi!
Ditulis oleh: Tari Eka Miyanti

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

19 − fourteen =