Peran Pustakawan dalam Perkembangan Perguruan Tinggi oleh S.Manaf M.Pd.i

Pada era global ini, pendidikan merupakan sesuatu yang penting. Karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan telah menjadi kebutuhan dasar yang setiap orang harus memiliki untuk memenuhi tantangan kehidupan.Untuk pendidikan, banyak cara yang dapat kita capai. Termasuk di perpustakaan. Karena di perpustakaan berbagai sumber informasi bisa kita dapatkan, di samping banyak manfaat lain yang bisa diperoleh melalui perpustakaan. Ketika kita mendengar kata perpustakaan, pikiran kita langsung terbayang deretan buku tersusun rapi di rak-rak sebuah ruangan. Pandangan ini tampaknya benar, tetapi jika kita memperhatikan lebih, itu selesai. Karena setumpuk buku yang diatur di rak-rak perpustakaan tidak bisa disebut sebagai perpustakaan.

Bahkan, konsep perpustakaan kadang-kadang bingung dengan istilah – jangka panjang, pustakawan, pustakawan, dan ilmu perpustakaan. Secara harfiah, perpustakaan sendiri sedang dipertimbangkan sebagai gedung perpustakaan fisik – buku atau bahan pustaka. Untuk tujuan ini, pembahasan kali ini akan dibahas secara mendalam di perpustakaan pengenalan umum meliputi: memahami perpustakaan, maksud dan tujuan penciptaan perpustakaan, jenis – jenis fungsi perpustakaan, tugas dan fungsi perpustakaan, kegiatan utama perpustakaan, dan perpustakaan sebagai suatu disiplin.

Visi IAIN Metro menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, ilmu, agama, teknologi dan seni, yang menonjol internasional berdasarkan nilai-nilai luhur, budaya nasional mengacu pada visi universitas secara umum Anda ingin mencapai tingkat nasional antara lain. Jelas kebutuhan yang ditargetkan, kerjasama direncanakan, kerjasama, sinergi, dan terus di antara semua guru akademik. Perpustakaan sangat penting dalam mendukung pengetahuan dan informasi dari siswa di pendidikan tinggi, dan karena itu perpustakaan sering disebut sebagai jantung pendidikan.

Di universitas, perpustakaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pendidikan. Perpustakaan adalah fasilitas baik untuk siswa atau guru sebagai pemustaka untuk mendukung pengajaran dan pembelajaran di pendidikan tinggi. Joseph (2007, p. 3) menunjukkan bahwa tujuan dari pembentukan “perpustakaan universitas tidak dapat dipisahkan dari tujuan diselenggarakannya pendidikan tinggi secara keseluruhan, yaitu untuk penyediaan keterampilan dasar kepada siswa dan mempersiapkan mereka untuk pendidikan menengah “. Lebih jelas, Prastowo, mengatakan bahwa “perpustakaan universitas adalah fasilitas pendidikan nyata yang membantu menentukan pencapaian tujuan dari lembaga perlindungan.” Oleh karena itu, diharapkan bahwa perpustakaan untuk menciptakan kondisi yang sepenuhnya mendukung pencapaian proses pembelajaran yang efektif di universitas. Dalam rangka mendukung perpustakaan universitas, menurut kurikulum dan pembelajaran, harus tahu bagaimana peran, tujuan, fungsi perpustakaan universitas itu sendiri. Peran perpustakaan universitas adalah untuk memenuhi kebutuhan informasi dari pengguna, dalam hal ini siswa dan guru dalam mendukung kegiatan proses belajar di universitas.

Peran penting dari perpustakaan tidak dapat dipisahkan dengan fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan perpustakaan. Jadi perpustakaan dapat menjadi sasaran penting dalam mencari informasi tentang pendidikan tinggi. Pesatnya perkembangan perpustakaan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, pemustaka dapat mengambil keuntungan dari perpustakaan dengan baik dan bijaksana sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Untuk ini kita perlu keprihatinan yang mendalam untuk kebaikan perpustakaan manajer atau staf perpustakaan untuk dapat memberikan bimbingan yang lebih baik kepada siswa menggunakan perpustakaan secara efektif dan efisien. Alamat yang diberikan tentunya sesuai dengan kebutuhan siswa dan bukan hak dan kewajiban siswa dan pengguna perpustakaan. Alamat yang diberikan untuk bagaimana menggunakan fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan,bagaimana mencari dan menerima informasi dapat diperoleh di perpustakaan,dan bagaimana menggunakan koleksi yang tersedia di perpustakaan.

Oleh karena itu, peran pustakawan sangat penting, bagaimana dapat memberikan bimbingan yang tepat dan dapat diterima oleh siswa. Kemudian pengetahuan tentang karakteristik dan kebutuhan siswa akan membuat penyediaan langkah yang menentukan dalam membimbing siswa.Arah pustakawan, pemustaka harapan untuk membuat motivasi lebih untuk menggunakan perpustakaan yang terpisah dan aman dan mempercepat proses pencarian informasi yang mereka butuhkan. pendidikan pemustaka untuk aplikasi ini sangat penting untuk mendukung pemenuhan kebutuhan informasi secara memadai. Menurut Sutarno (2006 hlm.215), “memberikan pendidikan pengguna, kegiatan yang dilakukan oleh petugas servis untuk menjelaskan rincian dari perpustakaan. Diantara manfaat perpustakaan,bagaimana menjadi anggota, persyaratan keanggotaan, peraturan, jenis layanan dan partisipasi masyarakat di perpustakaan. “

Tujuan pendidikan dapat membuat pemustaka perpustakaan yang lebih maju dan dapat digunakan secara optimal untuk siswa. pendidikan pemustaka tidak diragukan lagi memperluas siswa bahwa perpustakaan tidak hanya sekelompok bangunan yang menyimpan buku-buku, tetapi perpustakaan merupakan bagian penting yang tidak dilepaskan dari kegiatan siswa dalam proses belajar dan hal-hal lain yang dapat bermanfaat untuk memahami informasi. Selengkapnya di.   http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/2328

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

three − two =