Rektor IAIN Metro Balas Kelakar Rektor UIN KHAS Jember dengan Surprise.

Ada kejadian unik dan suprise saat berlangsungnya ujian terbuka Program Doktor Pascasarjana UIN KHAS Jember, di Lantai Tiga Gedung Kuliah Terpadu (GKT), Kamis 31 Maret 2022 yang lalu. Promovendus pada ujian terbuka program studi Manajemen Pendidikan Islam tersebut adalah Buyung Syukron. Dosen IAIN Metro dengan Disertasi berjudul “Perencanaan Strategik Pengembangan Mutu Guru pada Madrasah Aliyah (Studi Multisitus pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Bandar Lampung dan Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bandar Lampung”.

Pada ujian terbuka yang dipimpin langsung oleh Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Babun Suharto itu menghadirkan Penguji eksternal Dr. Hj. Siti Nurjannah, M.Ag, PIA yang tidak lain adalah Rektor IAIN Metro. Kampus tempat Promovendus bernaung. Suasana tegang menjadi cair saat prof Babun melontarkan kelakar dan beberapa pertanyaan ringan. Lalu ketika tiba giliran Ketua sidang memberikan kesempatan kepada Rektor IAIN Metro sebagai penguji eksternal untuk menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kepada promovendus, ada hal tak terduga yang terjadi. Di mana setelah mengawali dengan pertanyaan kritisnya terkait substansi disertasi promovendus, Rektor IAIN Metro justru meminta Kepala Pepustakaan Bait Al-Hikmah IAIN Metro : Dr. As’ad Muzzammil dan Dekan FTIK Dr. Zuhairi, M.Pd sebagai tamu undangan untuk “bertindak sebagai penguji” dengan memberikan kesempatan kepada mereka berdua memberikan pertanyaan langsung kepada promovendus. Meja MC pun berpindah menjadi meja “penguji dadakan”. Tak pelak dengan bergabungnya “tamu undangan” tadi sebagai “penguji” maka tim penguji ujian terbuka yang terdiri dari 8 orang penguji utama yaitu Prof. Dr. H. Babun Suhato, SE, MM., Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag., Prof. Dr. Moh Dahlan, M.Pd., Dr. Hi. Ubaidillah, M.Ag., Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag., PIA., Prof Dr. H. Miftah Arifin, M.Ag., dan Prof. Dr. Agus Fakhrudin, M.Pd., bertambah menjadi 10 orang. Jumlah “Penguji” yang spektakuler yang jarang terjadi dalam ujian Promosi Doktor di manapun.

Dalam kesempatan kesan dan pesan oleh promovendus setelah dinyatakan resmi menyandang gelar doktor yang ke 61 program studi Manajemen Pendidikan Islam UIN KHAS Jember, promovendus menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Rekor UIN KHAS Jember, Direktur pascasarjana, promotor, tim penguji dan semua pihak yang telah menghantarkan promovendus ke jenjang studi yang paripurna. Tak lupa Promovendus mengucapkan terima kasih kepada Rektor IAIN Metro beserta semua tamu undangan, kolega dan teman-teman Dosen dari IAIN Metro yang telah berkenan hadir jauh-jauh dari Lampung. Semoga gelar ini menjadi awal untuk saya berkiprah lagi secara lebih maksimal di masa yang akan datang “ tutup promovendus.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

18 + eighteen =