Kembangkan fungsi rekreasi, Perpustakaan Bait Al-Hikmah hadirkan Game collection  untuk Pemustaka

Perpustakaan sering dianggap hanya berfungsi sebagai gedung tempat penyimpanan buku yang disusun pada rak-rak dengan sistem tertentu. Pengertian ini yang pada akhirnya membawa sebuah kesan “kaku” melekat pada kata “Perpustakaan” . Sebenarnya,Perpustakaan tidak hanya sekedar itu. Perpustakaan juga dapat menjadi Public Space dimana orang-orang bisa datang,beraktivitas dan memanfaatkan fasilitas yang ada di Perpustakaan tidak hanya untuk membaca, belajar tetapi juga melakukan berbagai kegiatan positif,kreatif dan menyenangkan. Hal ini dikarenakan Perpustakaan memiliki berbagai fungsi sebagaimana tercantum dalam UU No.43 Tahun 2007 bahwa Perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa.

Fungsi rekreasi adalah salah satu dari fungsi Perpustakaan yang sering diabaikan ketika fungsi pendidikan,penelitian,pelestarian dan informasi sudah berjalan dengan baik pada sebuah Perpustakaan. Meskipun bukan fungsi utama, fungsi ini memiliki peran penting dan seharusnya ada pada setiap Perpustakaan. Kehadiran fungsi rekreasi ini bermaksud agar Perpustakaan selain dapat menyediakan informasi penting juga memberikan efek refresh pada Pemustaka setiap kali berkunjung dan membuat Perpustakaan terasa lebih menarik, nyaman, menghibur dan tidak “kaku”.

Pada umumnya, fungsi rekreasi Perpustakaan dicapai dengan menghadirkan koleksi bacaan yang menghibur seperti novel, buku cerita, komik, dan lain-lain. Selain itu, ada pula yang menghadirkan gedung dengan ruangan yang nyaman dan desain yang menarik, fasilitas ruang untuk media audio visual,pemutaran musik di ruang baca, layanan internet, dan lain sebagainya. Namun, tidak terbatas dalam hal tersebut, fungsi rekreasi Perpustakaan ini bisa terus dikembangkan demi memenuhi kebutuhan rekreasi Pemustaka.

Mengingat pentingnya fungsi rekreasi ini, Perpustakaan Bait Al-Hikmah pun perlahan mulai “berhias” mempercantik diri agar Pemustaka  menjadi terhibur dan nyaman saat berada di Perpustakaan. Upaya yang dilakukan tidak hanya menyediakan koleksi bacaan yang menghibur tetapi juga mempercantik bagian luar gedung dengan gazebo dan taman air mancur, melengkapi ruangan dengan fasilitas internet, alat musik lalu mempercantik interior dengan berbagai hiasan menarik dan yang terbaru Perpustakaan Bait Al-Hikmah menghadirkan game collection untuk para Pemustakanya.  Game collection yang disediakan pun bervariasi  diantaranya ada scrabble, catur, rubik, Sudoku, wiss toy, congklak, ular tangga, monopoly dan lain-lain. Pemustaka tidak Perlu khawatir akan menggangu Pemustaka lain yang sedang memanfaatkan ruang koleksi ataupun yang sedang membaca karena sudah disediakan area khusus di lantai 1 Perpustakaan untuk memainkan berbagai game yang dapat melatih kesabaran, strategi, keuletan, kecerdasan dan kreatifitas ini.  Untuk dapat memainkan game collection Pemustaka cukup menyerahkan kartu Perpustakaan kepada Petugas Perpustakaan dan mencatat di buku peminjaman serta yang perlu diingat Pemustaka juga wajib merapikan kembali media permainan sebelum dikembalikan.

Diharapkan melalui kehadiran game collection ini dapat menjadi salah satu sarana rekreasi bagi Pemustaka karena fungsi rekreasi tidak hanya berhenti pada Pemustaka yang gembira berhasil menggali informasi di Perpustakaan tetapi juga merasa nyaman, senang, terhibur dan dapat melepaskan ketegangan, kejenuhan, serta stress dari rutinitas yang dilakukan. Sehingga menarik minat Pemustaka untuk berkunjung kembali ke Perpustakaan dan yang paling penting semoga dapat menghilangkan kesan “kaku” yang melekat pada Perpustakaan.  Salam Literasi  (Asna.A)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

1 × three =