Empat Calon Pustakawan Perpustakaan Bait Al-Hikmah IAIN Metro telah Menyelesaikan Rangkaian Kegiatan Latsar CPNS Kementerian Agama Tahun 2021

Empat Calon Pustakawan Ahli Pertama yang ditugaskan di satuan kerja IAIN Metro pada unit kerja Perpustakaan Bait Al-Hikmah IAIN Metro telah menyelesaikan rangkaian kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Agama Tahun 2021, yang dilaksanakan di Balai Diklat Keagamaan Palembang. Keempat calon pustakawan tersebut yakni Syarif Mahendra, Fandy Hidayat, Ita Noviatiningsih, dan Asna Aprillina. Syarif Mahendra terlebih dahulu menyelesaikan rangkaian Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Agama Gelombang II pada tanggal 27 Oktober 2021. Sedangkan, Fandy Hidayat, Ita Noviatiningsih, dan Asna Aprillina yang dimentori oleh Bapak Dr. As’ad Muzzamil, S.Ag., S.Hum., M.H Mediator yang juga Kepala Perpustakaan Bait Al-Hikmah IAIN Metro menyelesaikan rangkaian Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Agama Gelombang III pada tanggal 6 November 2021.

Di masa pandemi Covid-19 ini pelatihan dasar dilaksanakan secara Blended Learning yang terdiri dari empat tahapan, yaitu:

  1. Pembelajaran online mandiri dilaksanakan melalui aplikasi MOOC (Massive Open Online Course). Para peserta pelatihan dasar diberikan materi pembelajaran berupa modul, video, dan rekaman suara.
  2. Distance Learning, yaitu pembelajaran melalui e-learning berupa Learning Management System (Asynchronous) dan Virtual Zoom untuk pembelajaran (Synchronous). Peserta juga diberikan tugas-tugas yang dikerjakan secara individu maupun kelompok. Alokasi waktu pada tahap pertama ini selama 22
  3. Aktualisasi diwujudkan dalam kegiatan habituasi di satuan kerja masing-masing. Pada tahap ini, peserta diberikan kesempatan untuk melakukan aktualisasi nilai-nilai yang sudah diperoleh selama pembelajaran pada tahap pertama dan kedua serta mengintegrasikan nilai-nilai tersebut dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Waktu yang dialokasikan untuk kegiatan habituasi ini adalah 30 hari, dengan harapan agar peserta benar-benar mampu mengaktualisasikan materi yang didapat selama pembelajaran online mandiri dan e-learning secara maksimal. Tidak hanya itu, melalui kegiatan habituasi ini diharapkan muncul inovasi-inovasi baru yang dapat memberikan penyegaran serta peningkatan mutu pada satuan kerja masing- masing peserta.
  4. Pada tahap ini, peserta diasramakan di tempat pendidikan dan pelatihan yang telah disediakan Balai Diklat Keagamaan Palembang, penyelenggaraan klasikal dilaksanakan selama enam hari. Tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.  (aan)

metrouniv.ac.id.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

1 × five =